Act For Farmed Animals adalah kampanye bersama yang dijalankan oleh Animal Friends Jogja dan Sinergia Animal untuk meningkatkan kesejahteraan hewan di Indonesia.

Kami percaya dunia yang lebih baik untuk hewan dapat diwujudkan jika kita mulai menunjukkan pada masyarakat bagaimana hewan diperlakukan dalam sistem produksi makanan.

Bisakah Anda hidup dalam kerangkeng, tidak bisa bergerak, sangat terkurung, bahkan terkadang harus berada di antara mereka yang sudah mati? Tentunya Anda tidak akan bertahan hidup. Namun beginilah jutaan ayam dipaksa hidup dalam industri telur di Asia Tenggara.

Lebih dari 90% ayam yang digunakan dalam produksi industri telur di Asia Tenggara menghabiskan seluruh hidup mereka dalam kerangkeng kawat sempit yang dikenal sebagai "kandang baterai". Di dalam kerangkeng ini, mereka tidak bisa berjalan atau bahkan sekadar merentangkan sayap.

Setiap kerangkeng terkadang diisi 5 hingga 10 ekor ayam, dan setiap individu hanya diberikan ruang yang lebih kecil dari selembar kertas berukuran A4. Banyak yang tidak selamat, dan mereka yang bertahan harus hidup di antara yang sudah mati

Karena kenyataan yang sangat kejam ini, kandang baterai telah dilarang di seluruh wilayah Uni Eropa, Bhutan, Selandia Baru dan berbagai negara bagian Amerika Serikat. Kanada juga telah berkomitmen untuk secara bertahap mengakhiri jenis kurungan ini.

 
cage free.jpg

Sistem bebas
kerangkeng

Dalam sistem bebas kerangkeng, ayam hidup di kandang tertutup tanpa akses luar ruangan. Ini berarti mereka tidak memiliki kesempatan untuk berada di atas rumput atau tanah.

Namun di dalamnya, setidaknya ayam memiliki ruang yang cukup untuk berjalan dan mengakses area dengan kotak sarang untuk bertelur, area dengan jerami atau pasir untuk mencari makan, dan tempat untuk memanjat dan bertengger.

Free Range Poultry Farm

Sistem free-range atau
organik

Ayam bisa mendapatkan akses ke rerumputan, di mana mereka bisa menikmati sinar matahari dan menghabiskan waktu mereka menggali tanah, mencari serangga dan makanan.

 

Mereka hanya diberi makanan yang berasal dari tumbuhan dan tidak diberikan antibiotik. Sistem organik mensyaratkan pakan ternak diproduksi tanpa menggunakan pestisida atau produk kimia lainnya.

KAMI INGIN AKHIR DARI KANDANG BATERAI

Dalam sistem bebas kerangkeng, hewan dapat bergerak, dan melakukan sebagian besar perilaku alami mereka, yang secara signifikan mengurangi penderitaan mereka.

Tim kami berjuang melawan kekejaman ini dan meminta komitmen dari perusahaan besar di sektor makanan untuk mengakhiri kekejaman ini, dengan berjanji hanya menggunakan telur bebas kerangkeng dalam rantai pasokan mereka.

Tolong tanda tangani petisi untuk meminta Mcdonald's mengakhiri penggunaan kandang baterai!
780.jfif
A&W: Tolong berhenti membeli telur dari sistem kandang baterai yang kuno dan kejam!

10 hal yang kamu perlu tahu tentang kandang baterai! 

 

Kamu mungkin sering mendengar istilah kandang baterai, dan proses negosiasi yang kita lakukan dengan para perusahaan, meminta mereka untuk mengadopsi kebijakan bebas kandang baterai. Namun, mungkin konsep "kandang baterai" belum terlalu jelas untuk orang-orang yang tidak begitu akrab dengan sistem produksi telur dan dampaknya terhadap ibu ayam.

 

Sepuluh pertanyaan singkat ini mungkin dapat menjelaskan kampanye bebas kandang baterai yang kami lakukan dan betapa kejamnya kandang baterai terhadap ayam👇 

1. Apa itu sistem kandang baterai?

Kandang baterai merupakan kandang kecil bersekat yang digunakan untuk ibu ayam . Mereka biasanya dikelompokkan pada ruang terbatas, yang setara dengan selembar kertas A4 untuk per satu individu ayam, yang mana kandang, dapat berisi hingga delapan ayam. 

 

Kebanyakan ibu ayam yang hidup di kandang baterai, tetap dikurung selama siklus produksi mereka (biasanya 63 minggu).

 

Praktik ini dianggap sebagai salah satu praktik yang paling kejam karena benar-benar menghalangi ayam untuk dapat mengekspresikan dan melakukan perilaku paling alamiah mereka seperti merentangkan sayap sepenuhnya, menggali tanah, bertengger, mandi debu, atau bersarang.

2. Apakah sistem bebas kandang baterai lebih baik daripada sistem kandang baterai?

Sistem bebas kandang baterai dapat secara signifikan mereduksi permasalahan kesejahteraan ibu ayam. Dalam sistem bebas kandang baterai, ibu ayam dapat bergerak lebih bebas dan bertelur di sarang serta mengepakkan sayapnya.

3. Apakah bebas kandang baterai berarti bebas dari kekejaman?

Bebas kandang baterai bukan berarti bebas dari kekejaman. Untuk menciptakan dunia yang bebas dari kekejaman terhadap hewan benar-benar merupakan perjalanan yang sangat panjang.

 

Oleh karenanya, dalam proses untuk mewujudkan dunia yang bebas dari kekejaman, kampanye bebas kandang baterai bertujuan untuk mengurangi penderitaan ibu ayam di industri telur. Memang, hal tersebut tidak mencegah ayam untuk dibunuh. Namun paling tidak, selama hidupnya, ayam bisa hidup tanpa mengalami kesakitan dan penderitaan yang panjang. Tidak ada langkah sia-sia untuk berdampak pada hewan.

4. Sistem apa yang dapat menggantikan kandang baterai?

5. Mengapa kami mendesak perusahaan untuk beralih ke sistem bebas kandang baterai?

Standar kesejahteraan hewan telah menjadi prioritas bagi masyarakat di seluruh dunia, dan fokus terhadap standar yang layak juga perlu untuk diterapkan oleh perusahaan di Indonesia. Ratusan bisnis makanan, dari perusahaan lokal hingga perusahaan multinasional terkemuka di dunia, telah berkomitmen untuk hanya membeli telur bebas kandang baterai pada tahun 2025. Banyak perusahaan besar, seperti Subway, juga telah membuat komitmen di negara-negara Barat, juga di Asia. Kami mendesak mereka untuk memperlakukan konsumen di Indonesia dengan rasa hormat yang sama. 


Kita semua percaya bahwa tidak ada hewan yang harus berada dalam kurungan. Dan produksi telur dalam sistem bebas kandang baterai memberikan kehidupan yang lebih layak kepada para ayam  mereka dapat bergerak dan melakukan sebagian besar perilaku alaminya, yang secara signifikan juga mengurangi penderitaan yang mereka alami selama ini. Pun, pada praktiknya, beralih pada sistem bebas kandang baterai ini sangatlah memungkinkan untuk perusahaan dalam jangka pendek maupun menengah.

6. Apa permintaan AFFA untuk para perusahaan yang belum memiliki komitmen bebas kandang baterai?

Perusahaan merupakan salah satu pemangku kepentingan yang bertanggung jawab atas pasokan telur dalam jumlah yang besar. Oleh karenanya, kami mendesak perusahaan untuk mengumumkan kebijakan bebas kandang baterai dan meningkatkan kesejahteraan ayam petelur, dalam rangka mengurangi penderitaan ayam serta risiko yang mengancam kesehatan manusia (EFSA menyimpulkan bahwa sistem kandang baterai memiliki tingkat Salmonella yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem bebas kandang baterai).


Sumber: European Food Safety Authority

7. Mengapa kampanye bebas kandang baterai ditujukan kepada perusahaan dan bukan pemasok?

Kami percaya untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi ibu ayam membutuhkan kerja keras dari pemasok dan pembeli seperti perusahaan besar makanan. Para perusahaan tersebut membeli telur dalam jumlah besar, dan komitmen bebas kandang baterai dari perusahaan dapat mempengaruhi pasar dan menginspirasi pemasok telur untuk dapat mengubah sistem produksinya.


AFFA juga bekerja dengan para peternak yang ingin beralih ke sistem bebas kandang baterai.

Akan tetapi, perusahaan besar makanan juga memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan perubahan. Oleh karena itu, mereka memiliki tanggung jawab dan pengaruh yang besar terhadap kesejahteraan ayam petelur.

8. Bagaimana relevansi bebas kandang baterai di Indonesia?

Melalui Permendag no. 71 tahun 2019, dijelaskan bahwa sebuah waralaba dari perusahaan global harus mengikuti standar berupa pelayanan, barang atau jasa sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemilik waralaba. Jika pemilik waralaba dalam SOPnya menyatakan menggunakan produk-produk yang berasal dari ayam yang hidup bebas/tidak dikekang di dalam kandang, maka pengguna waralaba harus mengikuti ketentuan itu.

 

Meskipun, tergantung pada kasusnya, perusahaan mungkin tidak diwajibkan untuk mengadopsi kebijakan bebas kandang baterai, tidak ada pembenaran untuk memperlakukan hewan pada praktik kejam seperti kandang baterai karena semua praktik kesejahteraan hewan di Indonesia dilindungi undang-undang.


Sumber: BPK

9. Apakah ada sosialisasi kepada peternak selain dari kampanye bebas kandang baterai?

Salah satu anggota AFFA, Animal Friends Jogja, telah mengadakan dua kali diskusi dengan para peternak. Diskusi yang pertama, Juni 2021 menghadirkan para peternak beserta narasumber dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Dekan Fakultas Peternakan UGM. Diskusi kedua diadakan di Yogyakarta, pada tanggal 27 Oktober 2021, bekerja sama dengan spesialis, praktisi, dengan produsen telur untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang keberhasilan penerapan sistem bebas kandang baterai di Indonesia.

Diskusi selanjutnya dilakukan bersama dengan pemerintah, organisasi perlindungan hewan, dan akademisi yang diselenggarakan di Yogyakarta, 14 Juli 2022. Diskusi tersebut membahas tentang kondisi kesejahteraan hewan ternak, identifikasi masalah yang menjadi tantangan penerapan standar kesejahteraan hewan, khususnya di peternakan ayam petelur dan itik, serta merumuskan alternatif langkah pemecahan masalah yang ada melalui pertukaran in

10. Mengapa tidak melakukan advokasi kepada pemerintah?

AFJ telah melakukan sosialisasi dengan pemerintah, dari tingkat kabupaten hingga tingkat nasional (Kementerian Pertanian), tentang kesejahteraan hewan, dengan fokus pada sistem bebas kandang baterai. 


Publikasi: Liputan.co 

 LAKUKAN SESUATU UNTUK PARA HEWAN 

 

Jadilah sukarelawan

 

Act For Farmed Animals is a joint campaign run by the NGOs Animal Friends Jogja and Sinergia Animal to improve animal welfare in Indonesia.